Cerita untuk Perkembangan Anak

0
35

Tadkiroatun Musfiroh

Hakikat cerita, menurut Horatius adalah dulce et utile yang berarti menyenangkan dan bermanfaat. Cerita memang menyenangkan anak sebagai penikmatnya, karena cerita memberikan bahan lain dari sisi kehidupan manusia, pengalaman hidup manusia. Bermanfaat karena di dalam cerita banyak terkandung nilai-nilai kehidupan yang dapat diresapi dan dicerna oleh siapa pun, termasuk oleh anak-anak. Cerita menjadi sarana penuntun perilaku yang baik dan sarana kritik bagi perilaku yang kurang baik. Cerita menjadi sarana penuntun yang halus dan sarana kritik yang tidak menyakitkan hati. Anak-anak sebagai manusia yang baru tumbuh sangat baik menerima suguhan semacam itu, terutama agar terbentuk pola norma dan perilaku yang halus dan baik (Musfiroh, 2003).

Cerita untuk anak dapat dikategorikan sebagai karya sastra. Hanya saja prioritas penikmatnya berbeda. Meskipun demikian, membuat cerita untuk anak tetap harus memenuhi persyaratan. Membuat cerita untuk anak, terlebih cerita tertulis, membutuhkan ketekunan, pendalaman, pengendapan, kejujuran, pertanggungjawaban, penelitian, energi yang besar, dan pengetahuan tentang pembacanya itu sendiri (Epstein,1991 via Bunanta, 2000). Oleh karena itu, cerita untuk anak tetap memiliki unsur-unsur utama pembangun fiksi, seperti tema dan amanat, tokoh, alur, setting, sudut pandang, dan sarana kebahasaan. Unsur-unsur tersebut diolah sedemikian rupa sehingga tetap tercerna oleh anak.

Cerita anak digolongkan sebagai cerita yang baik apabila memiliki alur berirama yang alami (natural rhythmic flow) pada awal, tengah, dan akhir cerita. Selain itu, plot cerita dikembangkan dengan baik, karakter tokohnya dapat dipercaya, kata-katanya imajinatif kreatif, dan memanfaatkan humor atau drama untuk membangkitkan emosi dan imajinasi anak. Bahasa dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai untuk memaparkan konteks dan isi cerita, untuk melukiskan plot, konflik, perasaan-perasaan, dan karakter tokoh dalam bingkai yang kohesif yang didesain untuk merebut perhatian dan minat anak (Lenox,2000).

Selengkapnya  Download Makalah Cerita untuk Perkembangan Anak

atau beli bukunya di Navila Yogyakarta