Hakikat Bahasa

0
17

Banyak ahli meyakini dan membuktikan bahwa bahasa adalah khas milik manusia. Meskipun demikian, banyak orang yang menyangkalnya dan berpendapat bahwa bahasa bukan monopoli manusia. Binatang pun bisa berbahasa. Orang utan, simpanse, lumba-lumba, lebah, dan beberapa hewan lain juga bisa berbahasa, bahkan juga cukup canggih.

Permasalahan bahasa, pertama-tama, harus dipisahkan dari istilah komunikasi. Binatang dan manusia memang berkomunikasi, tetapi apakah komunikasi binatang menggunakan bahasa? Jika binatang juga berbahasa, apakah bahasa itu memiliki karakteristik yang sama dengan bahasa manusia. Untuk memiliki kesepahaman, perlu disepakati, apakah bahasa itu?

Bahasa memiliki seperangkat fitur. Sebagian fitur tersebut memang dimiliki oleh hewan, tetapi sebagian yang lain tidak. Fitur-fitur bahasa manusia yang tidak dimiliki hewan antara lain adalah sebagai berikut. (Downloaad makalah KARAKTERISTIK BAHASA di sini)

Sumber Utama: Charles F. Hockett. 1966. “The Problem of Universals in Language” dalam Joseph H. Greemberg. Universals of Language. The Mitt Press.

Sumber gambar: bigbigbigthing.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here