Hakikat Kreativitas (Modul 11)

0
411

Tadkiroatun.id – Tahap perkembangan yang terjadi pada masa anak-anak terbentuk dari kegiatan yang dilakukan, baik dalam kegiatan bermain maupun belajar. Hal ini terjadi melalui konsep kegiatan yang secara sistematis dan terprogram pada masa anak-anak, yaitu bermain sambil belajar atau belajar melalui bermain. Oleh sebab itu, dua kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka mengembangkan daya pikir anak. Kemampuan penalaran, daya imajinasi, pemahaman tentang keberadaan lingkungan, daya fantasi, dan kreativitas akan terbangun ketika kegiatan bermain berlangsung. Kegiatan bermain merupakan kegiatan menyenangkan dan memuaskan bagi anak sehingga anak akan terdorong untuk melakukannya dengan sukarela dan mengulanginya. Kegiatan ini melahirkan pemahaman yang benar-benar “perspektif anak-anak”, sederhana tetapi kuat. Berawal dari pemahaman yang sederhana tetapi kuat itulah, maka semua kegiatan bermain anak perlu diupayakan agar mengandung unsur didaktik yang dapat memicu dan memacu tumbuhnya kreativitas.             Kreativitas ini menjadi penting adanya dalam pendidikan, terlebih pada pendidikan setaraf anak usia dini. Mengapa demikian? Jawabnya adalah karena pendidikan manusia pada lima tahun pertama sangat menentukan kualitas hidup selanjutnya. Keberhasilan  hidup  seseorang  ditentukan  oleh  bagaimana ia memperoleh pendidikan, perlakuan, dan kepengasuhan pada awal-awal tahun kehidupannya (Santoso, 2002). Oleh sebab itu, guru harus menjalankan tugas dan perannya dengan baik dalam upaya mendidik dan mengasuh anak termasuk dalam membimbing dan mengembangkan kreativitas yang terdapat pada setiap anak.

Link modul Hakikat Kreativitas Anak

Picture: omaby.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here