Cerdas Melalui Bermain (Grasindo)

0
37

Judul: Cerdas Melalui Bermain: Cara Mengasah Multiple Intelligences pada Anak Sejak Usia Dini
Penulis: Tadkiroatun Musfiroh
Cetakan: I, 2008
Penerbit: Grasindo, Jakarta
Tebal: xix + 300 halaman

Keterangan: Buku ini penulis sudah tidak dapat mendapatkan, tetapi toko online masih memiliki stok. Silakan beli online. 

Selain memberikan kesenangan, bermain mampu mengembangkan daya imajinasi anak. Bermain merupakan salah satu pendekatan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bagi anak usia dini. Aktivitas bermain perlu dilakukan karena anak membutuhkan pengalaman langsung dalam interaksi sosial yang menjadi modal dasar bersosialisasi. Dalam bermain, mereka akan melibatkan seluruh pikiran, tubuh, dan spirit mereka. Proses ini merangsang perkembangan berbagai bagian otak sehingga mampu menstimulasi kecerdasan.

Buku ini menjabarkan sembilan kecerdasan dalam teori multiple intelligences yang dapat distimulasi melalui permainan, yaitu kecerdasan verbal-linguistik (cerdas kata-kata), logika-matematika (cerdas angka), visual-spatial (cerdas gambar), gerak-kinestetik (cerdas tubuh), musical (cerdas musik), intrapersonal (cerdas diri), interpersonal (cerdas antarorang), naturalis (cerdas alam), dan eksistensialis (cerdas hakikat). Perkembangan tingkat kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh tiga faktor mencakup faktor biologis, sejarah hidup pribadi, serta latar belakang kultural dan historis.

Dijelaskan tingkat perkembangan multiple intelligences anak usia 4-5 tahun berbeda dengan anak usia 5-6 tahun. Pada anak usia 4-5 tahun, pola pikir mereka masih egosentris dan belum dimensional. Mereka juga belum mampu mengambil perspektif orang lain. Sedangkan anak usia 5-6 tahun, selain lebih memahami sudut pandang orang lain, mereka juga mampu memfokuskan diri pada berbagai aspek permasalahan sekaligus serta mengubah pikiran. Buku ini dilengkapi dengan berbagai jenis permainan untuk menstimulasi multiple intelligences dari kedua kelompok usia di atas berikut tabel indikator pencapaian stimulasi kecerdasan. (TSD/Litbang Kompas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here