Pemerolehan Keaksaraan pada Anak

0
28

Tadkiroatun Musfiroh

Permasalahan mendasar pemerolehan bahasa tulias adalah, pertama pertentangan pendekatan akademik dan nonakademik adalah, apabila pendekatan nonakademik yang dibenarkan dalam proses membelajarkan bahasa tulis anak, mungkinkah penguasaan bahasa tulis anak adalah buah dari proses pemerolehan bahasa? Apakah prinsip “here and now” akan terbukti dan menunjukkan bahwa pajanan lingkungan menentukan kekayaan bahasa, terutama kosa kata tulis, yang akan diperoleh anak (Clark & Clark, 1977). Kedua adalah kapan sebenarnya anak mulai belajar bahasa tulis (keaksaraan)? Benarkah kegiatan keaksaraan anak telah terjadi sebelum proses belajar formal dilakukan? (lihat Garton, 1995). Ketiga adalah hal-hal apa saja yang terkait dengan tahap kemampuan bahasa tulis anak? Keempat adakah tahapan-tahapan tertentu yang dapat dibuat dari perbedaan penguasaan keaksaraan oleh anak tersebut? Apakah tahapan-tahapan tersebut sama dengan tahapan perkembangan bahasa tulis alfabetis anak di Barat, ataukah ada perbedaan yang ditemukan?

Penerbit Lotus: Tiara Wacana