Pengembangan Kecerdasan Majemuk

0
29

Tadkiroatun Musfiroh

Pendapat bahwa semua anak cerdas dan bahwa anak memiliki cara yang tidak selalu sama untuk menjadi cerdas adalah proposisi dasar teori multiple intelligences dan diterjemahkan sebagai kecerdasan majemuk atau kecerdasan jamak. Proposisi dasar teori kecerdasan majemuk ini harus dipahami dan diyakini oleh setiap pendidik di lembaga PAUD. Pendidik harus tahu dan yakin bahwa setiap anak memiliki potensi kecerdasan dan tugas guru adalah memberikan rangsangan atau stimulasi yang tepat agar anak didik berkesempatan memunculkan serta mengembangkan setiap indikator kecerdasan yang dimilikinya.

Permasalahan yang dihadapi pengasuh dan pendidik adalah bagaimana cara paling tepat untuk merangsang setiap kecerdasan yang dimiliki anak dan memunculkan setiap indikatornya, baik di TPA, KB, dan TK? Untuk itu, pendidik dituntut mampu memahami teori multiple intelligences dan mampu menerapkan berbagai strategi kegiatan pengembangan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak TPA, KB, dan TK.

Dalam modul berjudul Pengembangan Kecerdasan Majemuk yang diterbitkan UT setebal 9 modul, saya paparkan bagaimana proses pengembangan kecerdasan majemuk anak, mulai dari kecerdasan bahasa (verbal linguistik), kecerdasan logiko-matematik, kecerdasan musikal, kecerdasan visuo-spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan natural, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan eksistensial. Anda penasaran? Silakan membaca buku tersebut melalui Universitas Terbuka.