Psikolinguistik (Sebuah Pengantar)

0
35

Tadkiroatun Musfiroh

Pesatnya ilmu pengetahuan ditandai, antara lain, dengan terbentuk subdisiplin ilmu baru yang berusaha menyelesaikan masalah dari berbagai macam sudut pandang keilmuan. Psikolinguistik merupakan salah satu cabang linguistik, yakni linguistik interdisipliner yang berusaha menerangjelaskan dan menuntasbahaskan berbagai permasalahan linguistik kaitannya dengan hakikat bahasa, proses bahasa dan permasalahannya, serta pemerolehan bahasa dan berbagai faktor pemengaruhnya. Psikolinguistik menjawab berbagai masalah yang tidak dapat dituntaskan oleh bidang linguistik yang lain.

Psikolinguistik Suatu Pengantar

Kepesatan kajian dan teori psikolinguistik dewasa ini, menuntut lahirnya literatur yang tidak itu-itu saja. Para mahasiswa dewasa ini memerlukan informasi yang baru dan dapat menjawab berbagai permasalahan kebahasaan ditinjau dari sudut pandang psikologis. Mahasiswa lingustik dan kependidikan memerlukan suatu dasar untuk menganalisis berbagai fenomena kebahasaan, yang dapat mereka pergunakan sebagai bekal kelak jika mereka berhadapan dengan siswa, keluarga, dan masyarakat. Psikolinguistik merupakan bidang linguistik yang menawarkan solusi tentang berbagai masalah kebahasaan yang riil ada di masyarakat, termasuk masyarakat sekolah. Oleh karenanya, literatur untuk mahasiswa disusun berdasarkan bukti-bukti kajian yang nantinya akan membantu mereka menyelesaikan masalah kebahasaan kaitannya dengan proses berbahasa itu sendiri.

Buku ini berusaha memberikan tawaran akademik tentang berbagai masalah psikolinguistik kepada mahasiswa. Pokok bahasan disusun seruntut mungkin dari pengertian teoretis, ruang lingkup kajian, aspek-aspek psikolinguistik, proses berbahasa, kajian makna, pemerolehan bahasa hingga gangguan berbahasa.

Kontak penerbit