Show and Tell Edukatif: Panduan Pengembangan Social Skills Anak

0
129

Tadkiroatun Musfiroh

Dewasa ini kegiatan berbicara di muka umum atau public-speaking menjadi salah satu primadona keterampilan sosial dan kecakapan berbahasa. Hampir semua orang, terutama orang tua dan guru, kini menyadari manfaat kemampuan berbicara di depan publik. Kosa kata, struktur kalimat, struktur wacana, dan kemampuan argumentasi-persuasi merupakan unsur komunikasi publik yang kini kian dirasakan kegunaannya. Pendek kata, kemampuan komunikasi publik menjadi harapan bagi banyak orang demi memperoleh dan memberikan informasi yang cepat dan akurat.

Komunikasi publik tidak mungkin dilatihkan dalam waktu singkat (apalagi diajarkan). Komunikasi publik harus dibiasakan sejak kecil. Anak harus dibiasakan mengobervasi sesuatu, menata informasi dari apa yang diobservasi itu dengan baik, untuk kemudian disampaikan kepada orang secara efektif dan efisien. Dalam jangkja panjang, anak akan terbiasa berbicara dan memiliki keterampilan lain yang mendukung kemampuan komunikasi publik itu, seperti: kemampuan mengamati, berpikir objektif maupun imajinatif, kemampuan menemukan detil fakta, kemampuan mengelaborasi kode, kemampuan berargumentasi, kemampuan persuasi, kemampuan menjelaskan, dan kemampuan memperbaiki struktur bicara.

Show and tell merupakan salah satu metode pembelajaran berbicara yang berorientasi pada penumbuhan kemampuan komunikasi publik. metode ini terbukti ampuh dan banyak dipakai di Amerika dan Australia. Di Indonesia metode ini belum populer. Padahal jika ditilik, metode show and tell mampu meningkat kemampuan berpikir objek dan berbicara sistematis.

 

link review