TENTANG AKSI DAMAI 212

0
16

LUAR BIASA AKSI DAMAI 212. Sy bicara tentang keyakinan dan persatuan, bukan tentang nilai dari alasan aksi. Saya bicara ghiroh peserta dan efeknya bagi lingkungan sekitar. Presiden, Wakil Presiden, Menkopolkam, Kapolri dan pejabat lain pun ikut bergabung untuk sholat Jum’at, memastikan bahwa ini AKSI yang benar-benar DAMAI, menunjukkan bahwa ISTANA ada bersama rakyat.

1. Kuatnya keyakinan dan tekad peserta aksi tidak terbantahkan. Mereka rela berjalan kaki 300 km. Bisa menandingi? Saya berjalan 2 kilo saja sehingga nyeri kaki dan menyerah total di kilometer kelima. Tekad inilah yang membuat banyak orang terharu dan berkaca-kaca ketika berpapasan dengan mereka.

2. Sepanjang perjalanan ibu-ibu memberikan konsumsi. Hal ini menunjukkan jalinan kasih sayang dan trust antarkedua belah pihah. Ibu-Ibu tidak meracuni dan peserta aksi tidak takut diracuni. Di tengah kikisnya rasa saling percaya pada masyarakat kita, rasa saling percaya yang ditunjukkan oleh para aksi dan ibu-ibu ini luar biasa. Sabotase justru ditemukan di Monas melalui minuman.

3.  Banyak pihak terlibat dalam aksi damai dan memberikan dukungan terbaik. Pihak RS swasta menyumbang obat-obatan, tim medis, dan keperluan lain. Selain itu, Pemprov DKI yang notabene dekat dengan Ahok pun menyumbang ratusan tanki air. Mereka menjamin kebutuhan air wudlu peserta aksi dan memperlakukan peserta aksi damai sebagai tamu. Pihak swasta dan pemrov menyumbang toilet umum juga. Dephub juga membantu menyediakan bus dan angkutan lain untuk membawa peserta kembali ke daerah.

6. Ini adalah aksi super besar yang super tertib dan bersih. Peserta aksi duduk berjajar di atas sajadah. Mereka tidak bergeser sejengkal pun ketika turun hujan. Taman pun tidak tersentuh. Sampah relatif sedikit. Aksi akan diklimaksi sholat Jum’at bersama Presiden, Wapres, dan para menteri. Mana ada aksi yang pesertanya ratusan ribu (bahkan menurut beberapa sumber, mencapai 2 juta lebih) tetap menjaga kondisi suci dari wudlu?

7. Aksi damai memprotes Ahok ini digelar di berbagai tempat, di berbagai daerah. Artinya ini aksi damai yang nyaris menasional, menunjukkan bahwa “ketersinggungan ummat Islam terkait Al-Maidah 51” tidak dapat dipandang sebelah mata. Getar aksi bergulir seperti bola salju.

8. TNI bersama polri memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu aksi ini. Polri sebagian membaur dengan peserta. Pak Tito bahkan ikut menyimak orasi Aa Gym dengan enjoy. Pemerintah bisa membaca dan memilah pihak mana yang aksi asli, pihak mana yang berkepentingan lain. Yang aksi asli difasilitasi, yang berkepentingan lain diamankan.

9. Aksi ini menuai banyak pendapat, banyak pujian tapi juga ada kritikan. Peserta aksi tidak bergeming terhadap ramalan dan prediksi pihak manapun. Mereka fokus dan membuktikan kepada dunia, bahwa aksi Islam adalah aksi damai dan bermartabat. Alhasil, yang memfitnah jadi bungkam, yang mengkritik dipaksa lebih membumi, yang mendukung akan lebih tenang.

10.  Ini adalah aksi damai paling demokratis. Hadir banyak kyai yang masing-masing punya panggung lalu berorasi. Seluruh elemen boleh masuk. Opick, Hidayat Nur Wahid juga hadir. Kapan bisa ada energi sekuat ini? Mana ada lapak aksi sedemokratis ini, kecuali di Indonesia.Semua bendera juga diijinkan masuk. Tidak ada diskriminasi dan tidak ada seleksi. Ini menjadi kekuatan sekaligus potensi kelemahan. Ini seperti padang perdamaian yg penuh risiko karena akan selalu berpotensi rusuh, penuh penyusup, dan provokator. Tapi peserta aksi tidak gentar. semua saling percaya karena yakin mereka berada pada dokus dan keyakinan yang sama.

Saya -sejatinya- tidak setuju aksi atau demo. Bagi saya aksi seperti ini membutuhkan energi yang sangat besar, dan risikonya pun besar. Tapi saya menyadari bahwa keyakinan tidak pernah kembar identik. Selalu ada perbedaan pendapat dan persepektif. Saya menghargai mereka, saya bisa merasakan ghiroh yang mereka pancarkan. Itu cara yang mereka pilih untuk berjuang, dan itu tidak salah. Kita tidak boleh sombong dengan pendapat dan keyakinan kita. Insya Allah, Allah menyertai mereka. Aamiin. ##

Sumber gambar nu.or.id.  ==Teks repro 121216 – 180420

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here